Cara membuat persilangan di Trainz Simulator

     Saat kita bermain Trainz simulator tentu kita pernah penasaran gimana sih caranya membuat persilangan seperti yang biasa kita lihat di dunia nyata. Bila anda merasa ingin tahu tentang caranya membuat persilangan maka anda sudah sampai di blog yang tepat.

Contoh Persilangan

     Pada kesempatan ini perkenankanlah saya untuk menjelaskan cara untuk membuat persilangan otomoatis di Trainz Simulator.Trainz simulator sendiri merupakan salah satu game dari Auran yang bertujuan untuk menyimulasikan diri kita sebagai masinis dari sebuah kereta. pada tutorial kali ana saya menggunakan lokomotif dan consist dari [KAI] dan rute SK-MR

     Sebagai permulaan tentunya kita diwajibkan untuk memilih dan membuka rute yang akan kita pasangi skenario persilangan. Setelah kita masuk kedalam rute. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah  memasukkan consis kedalam rute


Contoh Consist


     Setelah kita memasukkan consist kedalam rute selanjutnya kita menentukan dimana kita akan melakukan persilangan. Misalnya saya akan melakukan persilangan di Stasiun Babadan. Maka langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah memasang Trigger di Stasiun yang akan kita buat sebagai tempat persilangan. 


Contoh pemasangan Trigger



    Trigger itu sendiri berguna apabila kita ingin kereta lain dapat berjalan menuju tujuan secara otomatis setelah memenuhi syarat tertentu. Tentunya untuk memudahkan dalam mencari trigger berikanlah nama yang mudah dikenali pada trigger tersebut. 



          Setelah kita memasang trigger selanjutnya kita harus memasang kereta yang akan bersilang dengan kita. posisi dari kereta tersebut adalah sebisa mungkin berada dekat dengan stasiun yang akan kita jadikan sebagai tempat bersilang. Hal ini bertujuan agar kita tidak menunggu lama untuk membiarkan kereta tersebut berjalan langsung

     Setelah selesai menyusun consist maka hal selanjutnya adalah menyusun skenario itu sendiri. caranya dengan membuka edit season 


     Setelah tampilan edit season lalu buka edit driver dan cari kereta yang nantinya akan dikendalikan oleh AI. lalu isi sebagai berikut:


     Pada gambar  tersebut apabila diterjemahkan adalah ; tunggu kereta pemain menyentuh trigger, jalan melewati dan akhirnya jalan menuju. Kalian bisa mengisi kotak tersebut dengan perinteah-perintah yang lebih kompleks misalnya penyusukan, kedua kereta berhenti, .
     Cukup sekian tutorial ini semoga membantu. Mohon maaf atas segala kesalahan kata dan kalimat. Terima kasih telah membaca.



Comments

Popular Posts