Cara Membuat Mesh Trainz Simulator


     Selamat kembali di blog sederhana ini.

      Tentunya kalian pernah berfikir bagaimana caranya creator-creator membuat add ons yang bahkan hampir sama seperti aslinya.

     Maka pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorial sederhana untuk membuat mesh dari Sketch up.
untuk membuat mesh ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan sebelum membuat mesh yang akan dikupas sebagai berikut:

1.       
          1. aplikasi Sketchup
                       Tentunya bila kita ingin membuat mesh dari sketch up kita harus memiliki aplikasi itu sendiri. sketch up yang biasa saya gunakan adalah sketchup 2015.
2.       
          2.Referensi
                   Referensi disini berarti bisa skin dari mesh yang akan dibuat. Foto detail bentuk mesh maupun ukuran mendetail dari mesh yang akan dibuat. Tujuan dari memiliki referensi adalah memudahkan dalam proses pembuatan sehingga mesh yang akan dibuat bisa mirip seperti aslinya

          3.Sabar
                  Sebenarnya inilah yang paling penting dari semuanya, karena membuat mesh bukanlah hal yang instan tetapi butuh meluangkan waktu yang tidak sedikit. Semakin detail mesh akan membutuhkan ketelatenan yang semakin besar pula.
        
         4. RubyTmix
                  RubyTmix adalah sebuah plugin yang dipasang pada sketchup. Plugin ini berfungsi agar kita dapat meng export mesh yang telah kita buat unutk selanjutnya dimasukkan dalam Trainz simulator
         
         5.Trainz tool
                   Sejujurnya saya juga tidak tahu bagaimana menyebutnya jadi sebut saja trainz tool. jadi tools ini berisi beberapa aplikasi yang berguna untuk melakukan penyempurnaan pada mesh yang telah kita buat. misal:
                           i.      Trainz Mesh Viewer : berguna untuk melihat/meninjau ulang file .im yang telah dibuat
                           ii.      Attachment Maker   : berguna untuk menambahkan attachment kepada mesh yang telah dibuat.                                    contohnya penambahan teralis bogie dll.
    6. Pengetahuan
              Pengetahuan disini bisa berarti pengetahuan mengenai mesh tersebut maupun bisa juga mengenai    pengetahuan mengenai cara menggunakan tools sketchup itu sendiri.


     Setelah kita membahas hal hal yang harus disiapkan tentunya udah nggak sabar kan pengen tau caranya membuat mesh? lets check It out

     Jadi saya akan membaginya menjadi step-step sederhana
1    1.       Siapkan referensi dan edit sedimikian rupa sehingga sudah siap dipakai untuk membuat mesh dan juga buka sketchup yang sudah terpasang sebelumnya



      2.  Tentunya kita juga sudah mempunyai referensi tersebut. buat acuan bentuk dari objek yang akan dibuat. sebisa mungkin meskipun tidak mengetahui ukuran panjang dan lebar tapi tetap mengetahui ukuran tinggi dari mesh yang akan dibuat.





       3. Setelah kita membentuk bentuk dasar dari object tersebut. maka kita tinggal memasukkan skin/foto dari mesh yang akan dibuat.

           4.bentuk objek berdasarkan pada skin dan referensi yang sudah dikumpulkan sebelumnya.


            5. Setelah kita selesai membuat objek maka langkah selanjutnya adalah export menggunakan RubyTmix

           6.  apabila export berhasil pada folder yang sudah ditentukan akan muncul folder dengan judul kurang lebih bernama RubyTmixOutput. jika kita buka folder tersebut mmaka akan berisi file.im config dan texture yang berformat .tga. untuk reskin file dengan format tersebut bisa menggunakan corel draw.

           7.       apabila kita ingin menambahkan att bisa membuka AttachmentMaker. bila ingin menambahkan bayangan bisa membuka PevSoft Quick Shadow dll

           8.       langkah terakhir adalah mengimport file .im tersebut. caranya adalah buka ccp dan klik Import Content
DONE

Sekian tutorial kali ini semoga membantu. mohon maaf atas segala salah kata. Mohon maaf atas segala salah kata.

Comments

  1. Good Job , Tapi Gimana Cara Buat Skin Kereta (Body,Bogie,Interior,Sound)& Route (Object,Reality Kehidupan,Stasiun DLL)Sendiri Nie Mas ?!

    ReplyDelete
  2. Trainz Tool apa Transtool mas????

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts