Cara Membuat Mesh Trainz Simulator
Selamat kembali di blog sederhana ini.
Tentunya kalian pernah berfikir bagaimana caranya creator-creator membuat add ons yang bahkan hampir sama seperti aslinya.
Maka pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorial
sederhana untuk membuat mesh dari Sketch up.
untuk membuat mesh ada beberapa
hal yang harus kalian persiapkan sebelum membuat mesh yang akan dikupas sebagai
berikut:
1.
1. aplikasi Sketchup
Tentunya bila kita ingin membuat mesh dari
sketch up kita harus memiliki aplikasi itu sendiri. sketch up yang biasa saya
gunakan adalah sketchup 2015.
2.
2.Referensi
Referensi disini berarti bisa skin dari mesh
yang akan dibuat. Foto detail bentuk mesh maupun ukuran mendetail dari mesh
yang akan dibuat. Tujuan dari memiliki referensi adalah memudahkan
dalam proses pembuatan sehingga mesh yang akan dibuat bisa mirip seperti
aslinya
3.Sabar
Sebenarnya inilah yang paling penting dari
semuanya, karena membuat mesh bukanlah hal yang instan tetapi butuh meluangkan
waktu yang tidak sedikit. Semakin detail mesh akan membutuhkan ketelatenan yang
semakin besar pula.
4. RubyTmix
RubyTmix adalah sebuah plugin yang dipasang pada
sketchup. Plugin ini berfungsi agar kita dapat meng export mesh yang telah kita
buat unutk selanjutnya dimasukkan dalam Trainz simulator
5.Trainz tool
Sejujurnya saya juga tidak tahu bagaimana
menyebutnya jadi sebut saja trainz tool. jadi tools ini berisi beberapa
aplikasi yang berguna untuk melakukan penyempurnaan pada mesh yang telah kita
buat. misal:
i.
Trainz Mesh Viewer : berguna untuk melihat/meninjau
ulang file .im yang telah dibuat
ii.
Attachment Maker : berguna untuk menambahkan
attachment kepada mesh yang telah dibuat. contohnya penambahan teralis bogie
dll.
6. Pengetahuan
Pengetahuan disini bisa berarti pengetahuan
mengenai mesh tersebut maupun bisa juga mengenai pengetahuan mengenai cara
menggunakan tools sketchup itu sendiri.
Setelah kita membahas hal hal yang harus disiapkan tentunya
udah nggak sabar kan pengen tau caranya membuat mesh? lets check It out
Jadi saya akan membaginya menjadi step-step sederhana
1 1. Siapkan referensi dan edit sedimikian rupa
sehingga sudah siap dipakai untuk membuat mesh dan juga buka sketchup yang
sudah terpasang sebelumnya
2. Tentunya kita juga sudah mempunyai referensi
tersebut. buat acuan bentuk dari objek yang akan dibuat. sebisa mungkin
meskipun tidak mengetahui ukuran panjang dan lebar tapi tetap mengetahui ukuran
tinggi dari mesh yang akan dibuat.
3. Setelah kita membentuk bentuk dasar dari object
tersebut. maka kita tinggal memasukkan skin/foto dari mesh yang akan dibuat.
4.bentuk objek berdasarkan pada skin dan referensi
yang sudah dikumpulkan sebelumnya.
5. Setelah kita selesai membuat objek maka langkah
selanjutnya adalah export menggunakan RubyTmix
6. apabila export berhasil pada folder yang sudah
ditentukan akan muncul folder dengan judul kurang lebih bernama RubyTmixOutput.
jika kita buka folder tersebut mmaka akan berisi file.im config dan texture
yang berformat .tga. untuk reskin file dengan format tersebut bisa menggunakan
corel draw.
7.
apabila kita ingin menambahkan att bisa membuka
AttachmentMaker. bila ingin menambahkan bayangan bisa membuka PevSoft Quick
Shadow dll
8.
langkah terakhir adalah mengimport file .im
tersebut. caranya adalah buka ccp dan klik Import Content
DONE
Sekian tutorial kali ini semoga membantu. mohon maaf atas
segala salah kata. Mohon maaf atas segala salah kata.
Good Job , Tapi Gimana Cara Buat Skin Kereta (Body,Bogie,Interior,Sound)& Route (Object,Reality Kehidupan,Stasiun DLL)Sendiri Nie Mas ?!
ReplyDeleteTrainz Tool apa Transtool mas????
ReplyDelete